Cara Belajar Grammar Dari Nol Yang Benar

Belajar Grammar Dari Nol
Belajar Grammar Dari Nol

Jakarta, newcomerscuerna.org – Grammar adalah sistem aturan yang mengatur bagaimana kata-kata dibentuk, digabungkan, dan digunakan dalam suatu bahasa. Ini mencakup berbagai komponen seperti sintaksis, morfologi, fonetik, dan semantik. Sintaksis mengacu pada pengaturan kata-kata untuk menciptakan kalimat yang bermakna, sementara morfologi berhubungan dengan pembentukan kata dan studi tentang awalan, akhiran, dan akar kata. Fonetik fokus pada bunyi dan pengucapan kata, sedangkan semantik mengeksplorasi makna dan interpretasi bahasa.

Pentingnya Grammar

  1. Komunikasi yang Jelas dan Tepat:
    • Grammar memastikan bahwa pikiran dan ide kita diekspresikan dengan jelas dan tepat. Struktur kalimat yang benar, pilihan kata yang akurat, dan tanda baca yang sesuai berkontribusi pada komunikasi yang efektif, mengurangi kesalahpahaman dan ambiguitas.
  2. Meningkatkan Kredibilitas:
    • Penggunaan grammar yang benar meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme. Grammar yang baik menunjukkan perhatian terhadap detail, kompetensi, dan rasa hormat terhadap bahasa, yang menanamkan kepercayaan pada pembicara atau penulis.
  3. Pemahaman dan Interpretasi:
    • Grammar memfasilitasi pemahaman dan interpretasi bahasa tertulis dan lisan. Ini menyediakan kerangka kerja yang membantu pembaca dan pendengar memahami pesan yang dimaksud dengan akurat, memungkinkan komunikasi yang efektif.
Read more:  Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan, Syarat dan Faktornya

Belajar grammar bahasa Inggris dari nol bisa menjadi tantangan, tetapi dengan metode yang tepat, proses ini bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk belajar grammar dari nol berdasarkan berbagai sumber yang telah disediakan:

Langkah-langkah Belajar Grammar dari Nol

1. Mulai dari Dasar

  • Parts of Speech: Pelajari bagian-bagian dasar dari tata bahasa seperti noun (kata benda), pronoun (kata ganti), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), conjunction (kata sambung), dan interjection (kata seru).
  • Noun: Mulailah dengan memahami singular noun (kata benda tunggal) dan plural noun (kata benda jamak).
  • Verb dan Tenses: Pelajari bentuk dasar kata kerja (V1), past tense (V2), past participle (V3), dan present participle (V-ing).

2. Pelajari Tenses

  • Simple Present Tense: Digunakan untuk menyatakan fakta atau kebiasaan. Contoh: “She wakes up early every day.”
  • Present Continuous Tense: Digunakan untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangsung. Contoh: “I am reading a book.”
  • Simple Past Tense: Digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah selesai di masa lalu. Contoh: “He visited the museum yesterday”.
Read more:  Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

3. Subject-Verb Agreement

  • Pastikan subjek dan kata kerja dalam kalimat sesuai dalam hal jumlah dan orang. Contoh: “She runs” (benar) vs. “She run” (salah).

4. Praktikkan Secara Langsung

  • Gunakan teori yang telah dipelajari dalam praktik membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Misalnya, identifikasi jenis kata dalam teks yang dibaca atau lagu yang didengar.

Rekomendasi Buku

1. Grammars in Your Pocket (Revised Edition)

  • Buku ini memberikan penjelasan mengenai grammar dalam bahasa Inggris dengan cara yang sederhana dan jelas. Dilengkapi dengan latihan soal yang bervariasi untuk melatih pemahaman pembaca.

2. Master Of Grammar TOEFL, TOEIC, IELTS, EAP

  • Buku ini membahas strategi untuk meningkatkan kemampuan grammar, khususnya untuk persiapan tes seperti TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

3. Jurus Jitu Menguasai Grammar dan Structure

  • Buku ini membahas cara mudah memahami dan menerapkan grammar dalam bahasa Inggris yang benar. Cocok untuk pelajar yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.
Read more:  Pengaruh Iklim Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

4. English Grammar And Vocabulary For Young Learner

  • Buku ini dikemas dengan penjelasan singkat untuk setiap topik dan dilengkapi dengan latihan serta ulasan untuk setiap unit. Cocok untuk anak-anak yang baru mulai belajar bahasa Inggris.

Rekomendasi Aplikasi

1. Duolingo

  • Menyediakan pembelajaran bahasa Inggris dengan berbagai level dan topik. Sangat interaktif dan menyenangkan.

2. Grammarly

  • Membantu mengecek dan memperbaiki grammar, spelling, dan punctuation dalam tulisan. Cocok untuk meningkatkan keterampilan menulis.

3. LearnEnglish Grammar

  • Aplikasi dari British Council yang menawarkan 25 topik grammar dan 600 aktivitas interaktif. Cocok untuk semua tingkatan pembelajar.

4. Johnny Grammar Word Challenge

  • Aplikasi ini menyajikan kuis berdurasi 60 detik yang akan menguji kosakata, ejaan, dan grammar bahasa Inggris.

5. Memrise

  • Fokus pada pembelajaran kosa kata dengan cara yang kreatif dan interaktif. Menyediakan berbagai tingkat pembelajaran.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan memanfaatkan sumber-sumber yang direkomendasikan, kamu bisa mulai belajar grammar bahasa Inggris dari nol dengan lebih terstruktur dan efektif.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Goodluck!

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags