Rumus Gaya Dalam Fisika dan Contoh Soalnya

Jakarta, Newcomerscuerna.org – Saat mempelajari Fisika, kalian pasti akan menemukan rumus gaya. Gaya ini biasanya terjadi ketika kita mendorong atau menarik benda. Misalnya saja ketika menarik gagang pintu, atau saat menendang bola, atau mobil yang bergerak karena adanya mesin.

Lalu apakah rumus gaya dalam Fisika dan bagaimana cara menghitungnya? Agar kalian tahu, maka akan kami jelaskan. Tapi sebelum itu, kita cari tahu terlebih dahulu sebenarnya apa sih gaya itu?

Apa Itu Gaya dalam Fisika?

Gaya adalah suatu interaksi yang dapat menyebabkan perubahan gerak atau deformasi suatu benda. Gaya sendiri bisa diukur dengan rumus dalam satuan Newton (N) dan bisa mempengaruhi kecepatan, arah, atau bentuk suatu objek.

Read more:  Materi Lengkap Bilangan Cacah Beserta Contoh Soal Cerita!

Jenis-Jenis Gaya 

Terdapat dua jenis kelompok gaya dalam ilmu Fisika yaitu gaya sentuh dan juga tak sentuh. Berikut pengertian dan masing-masing gaya tersebut:

Gaya Sentuh

Merupakan jenis gaya yang terjadi ketika dua objek bersentuhan secara langsung. Gaya ini memerlukan gesekan antara dua benda agar dapat bekerja. Berikut beberapa contohnya:

1. Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang terjadi akibat gesekan berlawanan antara dua permukaan benda yang bersentuhan. 

Jenis gaya gesek:

  • Gaya Gesekan Statis: Gaya yang terjadi sebelum benda bergerak satu sama lain.
  • Gaya Gesekan Kinetis: Gaya yang gerakannya berlawanan antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan ketika sudah bergerak.

Contoh: Roda dan ban mobil yang sedang berjalan

2. Gaya Pegas

Gaya pegas muncul akibat sifat elastis dari suatu benda. Bisa berupa tarikan atau tekanan dengan arah yang selalu menuju titik keseimbangan tertentu. Besarnya gaya pegas sangat berpengaruh pada seberapa jauh posisi benda dari titik keseimbangan tersebut. 

Read more:  Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan, Syarat dan Faktornya

Contohnya: Penggaris plastik yang dibengkokkan dua sisinya kemudian saat kamu melepasnya benda tersebut akan kembali ke bentuk semula.

3. Gaya Mesin

Gaya mesin terjadi akibat dorongan atau tarikan bantuan dari mesin. Misalnya saja mobil, motor, mesin pabrik dan lain sebagainya.

4. Gaya Otot

Gaya otot adalah gaya yang berasal dari otot ketika kita menarik, mendorong, mengangkat suatu benda. Contohnya adalah saat kita menarik kursi atau mendorongnya.

Gaya Tak Sentuh

Untuk menentukan rumus gaya, kita juga harus mengetahui jenis-jenis gaya tak sentuh beserta satuannya. Gaya ini terjadi karena suatu medan benda mempengaruhi benda yang ada disekitarnya. Untuk jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Gaya Magnet

Gaya yang terjadi akibat tarikan atau tolakan benda yang memiliki sifat magnet. Contohnya adalah kompas yang dapat bergerak karena tarikan kutub selatan dan utara.

2. Gaya Listrik

Gaya ini timbul akibat adanya aliran tegangan listrik. Contohnya saja, lampu yang dapat menyala ketika aliran listrik mengalir.

Read more:  Cara Mengajarkan Anak Membaca Sejak Usia Dini

3. Gaya Gravitasi

Gaya ini disebabkan oleh tarikan gravitasi bumi. Contohnya benda yang kamu lempar ke atas maka nantinya akan jatuh.

Rumus Gaya Dalam Fisika

Rumus gaya dalam fisika biasanya ditulis dalam persamaan sistematis. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

a= ΣF/m atau ΣF= m.a

Penjelasan:

a= percepatan benda m/s2.

ΣF= resultan gaya atau biasa kamu sebut gaya total N.

m= massa benda  kg.

Contoh Soal Rumus Gaya

Berikut akan kami berikan contoh soal rumus gaya yang bisa kamu pelajari. Jika memang kamu masih belum. Mengetahui rumus tentang gaya ini:

Jika gaya yang terdapat pada suatu benda sebesar 8 N, kemudian massa bendanya 2 kg. Hitunglah percepatan gerak benda tersebut:

Diketahui:

F= 8 N

m= 2 kg

Ditanya: percepatan benda?

Jawab:

a = F/m

= 8/2

= 4.

Nah dari penjelasan rumus gaya dan contoh soal yang sudah kami sajikan. Sekarang kamu bisa tahu bukan apa itu gaya, apa saja jenisnya, dan bagaimana cara menghitungnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6844363/rumus-gaya-jenis-jenis-dan-contoh-soal

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.